PIJAT TERKILIR



Keseleo atau terkilir adalah cedera berupa peregangan dan atau robekan pada otot, tendon (jaringan yang menghubungkan otot dengan tulang) atau ligamen(jaringan yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya). Biasanya hal ini terjadi saat aktifitas fisik yang berat atau saat berolahraga.

Gejala Terkilir
Sebagai contoh bila terkilir atau keseleo pada pergelangan kaki keluhan yang muncul antara lain nyeri, bengkak, memar, tidak stabil,dingin atau mati rasa di kaki, ketidakmampuan untuk berjalan atau menggerakkan sendi.

Berat ringannya keseleo pergelangan kaki tergantung pada seberapa parah ligamen yang mengalami regangan dan atau robekan. Jika keseleo ringan, gejalanya yang muncul mungkin hanya sedikit rasa sakit atau bengkak dan ligamen masih dapat diregangkan. Jika keseleo parah, adanya bagian ligamenyang mengalami robek dan atau putus, nyeri hebat dan terjadi pembengkakan.

Prinsip utama penatalaksanaan sprain atau keseleo adalah mengurangi pembengkakan dan nyeri yang terjadi, yang dapat dilakukan sendiri di rumah sebelum berobat ke AHLINYA adalah sebagai berikut :
1.     Mengistirahatkan bagian tubuh yang mengalami keseleo
2.     Berikan kompres dingin pada daerah yang mengalami keseleo. Kompres dingin dapat menggunakan air es. Kompres dilakukan sampai 2×24 jam
3.     Bungkus daerah yang terkilir dengan perban elastic. Tujuannya untuk mengurangi pergerakan daerah yang mengalami cidera atau terkilir dan juga mencegah terjadinya pembengkaan hal ini dapat dilakukan 2 hari sampai 1 minggu. Pembungkusan dilakukan dengan rapi dan jangan terlalu kuat
4.     Memposisikan daerah yang mengalami cidera lebih tinggi dari jantung. Tujuannya untuk mengurangi pembengkakan.

Selain langkah diatas dapat juga diberikan obat-obatan pereda nyeri.

Bila keadaan belum membaik segera bawa ke AHLINYA untuk penatalaksanaan lanjutan.


Cara mencegah terkilir atau keseleo :
·            Melakukan peregangan otot sebelum melakukan aktifitas.
·           Gunakan pelindung atau pembalut sendi elastis saat melakukan aktivitas fisik yang kuat.
·           Jangan berolahraga jika tubuh terasa lelah.
·           Gunakan sepatu yang cocok saat berolahraga.

Terapi dan Pengobatan Terkilir
Langkah yang paling tepat sebagai penatalaksanaan tahap awal (24-48 jam) adalah prinsip RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation), yaitu :

Rest (istirahat)
Kurangi aktifitas sehari-hari jangan menaruh beban pada tempat yang cedera selama 48 jam. Gunakan alat bantu seperti crutch (penopang/penyangga tubuh yang terbuat dari kayu atau besi) untuk mengurangi beban tumpuan pada tempat yang cedera. Tujuannya mengistirahatkan dan melindungi wilayah otot yang cedera.

Ice (es)kompres dingin
Kompres bagian cedera dengan es atau sesuatu yang dingin. Pendinginan dapat mengurangi reduce pembengkakan dan rasa sakit di bagian cedera. Langkah ini sebaiknya dilakukan sesegera mungkin. Kompres dingin dengan cara letakkan es yang sudah dihancurkan kedalam kantung plastik dan dibungkus handuk tipis Kemudian letakkan pada tempat yang cedera selama maksimal 2 menit guna menghindari cedera karena dingin. biarkan temperatur kulit kembali normal sebelum kembali memberikan kompres es. Tetapi jangan memberikan kompres es lebih dari 20 menit karena dapat mengganggu sirkulasi darah di sekitar bagian memar dan menyebabkan kerusakan jaringan. Fungsi kompres dingin ini adalah mengurangi memar.

Compression (penekanan)
Tekan bagian yang mengalami cedera dengan menggunakan perban khusus (ace bandage). Daerah yang sakit dibalut dengan balutan kompresi elastis untuk meminimalkan peradangan, menyangga daerah tersebut, mengurangi pembengkakan dan memberikan rasa nyaman. Balutan kencang,mantap tetapi tidak sampai membuat aliran darah di sekitarnya terganggu. Lama proses compression ini tergantung dari tingkatan terkilirnya jika ringan saja bisa 1-2 hari atau bahkan bisa 2 minggu jika tergolong terkilir berat pastikan bahwa perban ini tidak terlalu ketat karena dapat menimbulkan mati rasa, geli atau bahkan menambah rasa sakit.

Elevation (peninggian)
Pertahankan agar daerah yang cedera berada lebih tinggi daripada jantung. Tujuan daripada tindakan ini adalah agar pembengkakan yang terjadi dapat dikurangi. Misalnya jika yang cedera pergelangan kaki, upayakan posisi tidurnya pergelangan kaki diganjal bantal atau ditopang dengan alat supaya posisinya lebih tinggi dari jantung.

Pijat sangat lembut dapat digunakan untuk meringankan rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh keseleo dan strain. Terkilir disebabkan oleh normal memilukan dan memutar sendi. Regangan adalah otot robek atau meregangkan.
Pada kesempatan pertama tempatkan kompres dingin seperti es atau paket kacang polong beku dibungkus dengan handuk atau sepotong pakaian pada daerah yang terluka untuk mengurangi peradangan.

Pergelangan kaki adalah bagian yang paling sering keseleo tubuh. Jika pergelangan kaki sangat bengkak dan sakit berkonsultasi dengan AHLInya sebelum memijat untuk menyingkirkan kemungkinan dislokasi atau patah. Pijat sangat lembut dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Pijat selama setidaknya menit dan ulangi beberapa kali sehari. Lanjutkan perawatan ini selama sekitar satu minggu atau sampai luka tersebut sembuh.

Mulailah dengan lembut membelai sampai paha menuju kelenjar getah bening di selangkangan. Stroke up sisi betis ke lutut dan meluncur perlahan kembali ke pergelangan kaki. Stroke yang sangat lembut dengan gerakan ke atas pendek seluruh pergelangan kaki menggunakan ibu jari Anda. Sebuah pergelangan terkilir dapat diperlakukan dengan cara yang sama membelai lembut menuju kelenjar getah bening di ketiak dan siku.

Mungkin Anda pernah mengalami kesleo atau terkilir ini. Bagaimana penanganan masalah ini. Benarkah kesleo atau terkilir nggak boleh dipijat? Kita bahas bersama masalah ini. Dalam dunia medis disebut sprain dan strain. Sprain adalah teregangnya ligamen (jaringan kuat/penghubung yang kuat) sehingga menimbulkan robekan parsial atau sebagian, sedangkan Strain adalah teregangnya otot dan tendon(jaringan ikat/penghubung yang kuat yang menghubungkan otot dengan tulang).

Terkilir sering terjadi pada pergelangan tangan, ankle atau pergelangan kaki dan ruas-ruas jari, dengan gejala umum seperti bengkak, nyeri dan kulit nampak kemerahan serta mengganggu fungsi organ yang terkena. Dalam dunia medis pertolongan pertama pada terkilir ini terkenal dengan sebutan RICE, bukan nasi lho, tapi kependekkan dari Rest, Ice, Compression dan Elevation.

Rest : Penderita istirahat untuk mengurangi sakit dan pembengkakan lebih lanjut.

Ice : Lakukan kompres dengan es atau air dingin disekitar lokasi terkilir. Compression: Kompres atau tekan dengan bagian yang cedera dengan perban atau dibalut untuk mengurangi pembengkakan dan jangan terlalu erat! Elevation : Jika kaki yang terkilir, angkat kaki agak tinggi untuk mengurangi pembengkakan dan minum obat pereda nyeri 

Jangan pernah mencoba untuk memijat lutut terkilir tanpa terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dokter.

Sakit kaki
Diperkirakan bahwa rata-rata orang berjalan sekitar seribu mil . km dalam satu tahun sehingga sangat mengejutkan untuk membayangkan apa tanah pelari atau ballerina harus menutupi. Hal ini tidak mengherankan karena itu bahwa begitu banyak orang menderita sakit kaki. Sepatu Badly pas atau sneakers cedera kaki dan jagung callouses dan bunions semua bisa memperburuk masalah.

Membantu diri Anda sendiri
Ada berbagai teknik sederhana yang sangat cocok untuk pra-dan pasca-acara pijat sendiri. Sebelum acara memijat diri sendiri melengkapi peregangan menggunakan tekanan langsung pada titik pemicu dan setiap daerah ketat. Pasca-event memijat diri sendiri dapat membantu kekakuan otot tempur dan kelelahan.

Skins
Berlutut dengan pergelangan kaki disilangkan. Tempatkan tangan Anda di lantai untuk keseimbangan jika Anda merasa goyah. Berat badan Anda akan meregangkan area di atas pergelangan kaki Anda. Depan batu dan mengubah sudut pergelangan kaki Anda sampai peregangan terasa efektif.

Betis
Sementara duduk di lantai dengan kaki ditekuk di depan Anda menggenggam jari kaki dan bola satu kaki dengan tangan Anda dan tarik kembali ke arah Anda. Ini membentang kaki dan otot betis membantu fleksibilitas. Ulangi pada kaki yang lain.
Kaki paha dan pinggul

Dengan kaki Anda terselip di bawah Anda angkat tubuh Anda sehingga berat badan Anda ditransfer melalui lengan Anda. Menggeser berat badan Anda sampai Anda merasa melewati buku-buku Anda. Lalu pijat ke telapak kaki Anda dengan buku-buku Anda. Jika Anda mendorong pinggul ke depan hal ini juga menjadi peregangan efektif untuk otot paha otot-otot besar di bagian depan paha dan bagian depan dari pinggul.